Tips Merawat Anjing



Memiliki binatang peliharaan merupakan suatu hal yang menyenangkan, tak jarang orang banyak menghabiskan waktu, materi atau tenaga untuk mengurus binatang peliharaannya itu. Yang perlu diperhatikan bahwa kita harus mengerti bagaimana memelihara binatang peliharaan itu.

Memelihara anjing misalnya. Kondisi setiap anjing akan berbeda dengan anjing yang lainnya, oleh karenanya Anda harus mengetahui silsilah dan asal muasal anjing tersebut. Jika anjing Anda berasal dari daerah atau negara yang beriklim dingin, akan berbeda perawatannya dengan anjing yang berasal dari negara dengan iklim panas. 


Selain memahami kondisi ras asal, pahami pula bagaimana keadaan fisik anjing. Anjing yang memiliki badan dan bulu yang lebat akan berbeda perawatannya dengan anjing yang berbadan kecil dan memiliki bulu pendek. Misalnya anjing dengan jenis Chihuahua akan berbeda cara perawatannya dengan Toy Poodle atau dengan anjing lainnya yang memiliki fisik yang berbeda. 

Anjing lucu akan lebih enak dipandang apabila tidak ada lendir yang belepotan di wajahnya. Dengan begitu, lakukan perawatan dengan rutin yaitu dengan membersihkan bagian wajah. Membersihkan wajah bisa dengan menggunakan kain lembut yang yang sudah dibasahi dengan air. Lakukan dengan perlahan. Periksa bagian giginya, apabila ada kotoran yang menempel bersihkan dengan menggunakan sikat gigi. 

Menyenangkan bisa bercanda dengan anjing peliharaan di rumah. Namun jika badannya bau tentu akan mengganggu Anda. Tidak perlu takut atau khawatir memandikan anjing. Pada dasarnya anjing sangat menyukai air. Memandikan anjing bisa dilakukan 1 – 2 kali seminggu. Perhatikan cuaca saat akan memandikan, usahakan cuaca dalam keadaan normal. Anjing memiliki kebiasaan mengibas-ngibaskan bulunya yang basah. Bantu mengeringkannya dengan handuk atau hairdryer. 

Agar bulu tampak halus, bersih dan sehat lakukan dengan teratur menyisir bulu-bulunya. Kuku anjing bisa dipotong, namun jangan sampai memotong pada bagian kuku yang terang karena bagian tersebut adalah bagian pembuluh darah. 

Menjaga kebersihan di sekitar tempat anjing seperti : 

  • Sediakan kandang, yang cukup nyaman untuk ukuran badan AnjingSirkulasi harus cukup, sediakan tempat pembuangan dan usahakan selalu dalam keadaan kering. 
  • Pilih makanan dogfood yang cocok, jika anjing mulai merasa jenuh, Anda bisa variasikan makanan dengan sayur sayuran atau daging yang sudah dicampur dengan nasi.


Anjing memang bisa menjadi sahabat, ia bisa menjadi bagian dari keluarga. Jika Anda ingin memiliki anjing-anjing lucu seperti jenis yang sudah dipaparkan di atas, Anda bisa mencarinya di petshop-petshop atau menghubungi pemilik dan pecinta anjing


Responses

0 Respones to "Tips Merawat Anjing"

Posting Komentar

 

Mengenai Saya

Foto saya

Seseorang yang telah lebih dahulu belajar dan mengamati kehidupan dan ingin berbagi kepada orang lain. Bukan berarti saya lebih pintar, hanya ingin berbagi pengalaman.

Satwa

Perlu Ditengok

Return to top of page Copyright © 2013 | Serba Serbi Converted into Blogger Template not original by yobimel