Cara Memelihara Anjing Bulldog




Kita pasti sering sekali mendengar tentang anjing bulldog, anjing ini adalah salah satu anjing favorit keluarga. Dibalik kokohnya tubuh anjing bulldog, sifat sangat bersahabat dengan manusia tertanam pada anjing ini. Itulah mengapa banyak orang memelihara anjing jenis ini. Anjing bulldog termasuk anjing ras tertua yang berasal dari Inggris raya. Anjing ini juga sering disebut anjing nasional Inggris. Dahulu kala anjing ini dipelihara untuk ditarungkan dengan sapi maupun banteng. Akan tetapi, sekitar tahun 1835 pemerintah Inggris melarang pertarungan anjing. Sejak itulah bulldog mulai dipelihara dan menjadi anjing keluarga yang loyal.



PEMELIHARAAN

  • Memelihara Bulldog tidak sulit, sama seperti anjing ras lainnya. Perawatan bulu, juga sama dengan anjing ras bulu pendek lainnnya, hanya di beberapa lipatan kulit (muka dan ekor) perlu agak sering dibersihkan dengan kapas.
  • Bulu cukup di lap dengan air dicampur cairan dettol.
  • Kulit Bulldog tidak sensitive/tidak rentan sakit kulit asal dibersihkan secara rutin.
  • Dimandikan cukup 1-2 minggu sekali
  • Hal lain yang perlu diperhatikan dalam pemeliharaan adalah Bulldog anjing berhidung pesek sehingga napasnya relatif pendek dan tidak tahan panas (jangan dijemur di siang hari bolong). Namun demikian Bulldog bisa dipelihara di rumah atau dikandang (yang beratap) tanpa harus pakai AC walaupun di Jakarta atau kota-kota lain yang cukup panas, yang penting ada atap dan sirkulasi udara yang cukup.


PEMBIAKKAN

Mengenai pembiakkan memang relatif lebih sulit dibanding anjing ras lainnya. Untuk mengawinkan biasanya menggunakan inseminasi buatan, karena napas Bulldog pendek dan anatominya yang unik sehingga sulit kawin secara alamiah.

Pada saat melahirkan biasanya 90% di operasi Caesar, karena anatomi yang unik (kepala dan dada lebar) dan napas pendek, sehingga anakan sulit keluar.



Responses

0 Respones to "Cara Memelihara Anjing Bulldog"

Posting Komentar

 

Satwa

Perlu Ditengok

Return to top of page Copyright © 2013 | Serba Serbi Converted into Blogger Template not original by yobimel