Mengenal Anjing Doberman Pinscher




Anjing Doberman Pinscher identik dengan anjing polisi atau anjing tentara. Tubuhnya yang berukuran sedang, tegap dan berotot  dengan kepala panjang dan berbentuk blunt wedge membuat kagum orang yang melihatnya. Selain itu ciri-ciri dari Anjing Doberman Pinscher ini adalah warna hidung yang bergantung dengan warna bulu anjing, yaitu hitam pada bulu hitam, coklat gelap pada bulu merah, abu-abu gelap pada bulu biru, dark tan pada bulu fawn dan pink pada bulu putih. Mata berbentuk almond dan warnanya memiliki berbagai nuansa coklat tergantung warna bulu anjing.

Terkadang telinga Anjing Doberman Pinscher dipotong untuk membuatnya berdiri tegak (dipotong pada usia sekitar 12 minggu) dan ekor biasa dipotong pada usia 3 hari. Dadanya lebar dan kakinya sangat lurus. Bulu pendek, kaku, tebal, dan lurus. Berwarna hitam, hitam dengan tan marking, blue-gray, merah, fawn dan putih. Namun pemotongan telinga dan ekor ilegal di negara Eropa.

Anjing Doberman Pinscher sangat antusias, super energik dengan kekuatan dan stamina luar biasa. Anjing Doberman suka berada dengan manusia yang dikenalnya dan tidak cocok tinggal di kennel atau halaman belakang, karena mereka butuh interaksi dan kepemimpinan manusia. Mereka setia, toleran, dedikasi dan penuh kasih sayang terhadap keluarga. Sifat lain yang dimiliki teguh, berani, tegas saat bekerja, sangat mudah beradaptasi, sangat terampil, dan serbaguna. Anjing Doberman Pinscher sangat pintar dan mudah dilatih, mereka adalah anjing pengawas dan penjaga yang luar biasa serta tidak memerlukan latihan proteksi tambahan.

Anjing Doberman Pinscher tidak untuk sembarang orang, dalam arti mereka membutuhkan pemilik yang bisa menunjukkan kepemimpinan yang tepat atas anjing tersebut. Semua anggota keluarga harus tegas, percaya diri dan konsisten, membuat aturan dan berpegang teguh terhadap mereka. Belajar untuk menangani anjing dengan tepat, karena Doberman pintar bisa menjadi keras kepala dan nakal jika mereka dibiarkan berbuat sesukanya. Semua tindakannya harus berdasarkan syarat dari manusia.

Anjing adalah pengikut dan manusia adalah pemimpinnya. Anjing Doberman Pinscher harus disosialisasikan sejak kecil untuk mencegah adanya rasa gugup atau rasa takut pada si anjing. Stimulasi mental dan banyak latihan setiap hari sangatlah penting untuk menghasilkan Doberman yang ceria dan berpikiran stabil. Anjing Doberman Pinscher membutuhkan latihan yang konsisten dan menyeluruh.

Postur tubuh Anjing Anjing Doberman Pinscher
Tinggi : Jantan 66–71 cm, Betina 61–66 cm. Berat : 30–40 kg. Anjing Doberman pinsher dibiakkan di Jerman pada tahun 1860-an, diduga adalah persilangan diantara old shorthaired shepherd, german pinscher, Rottweiler, beauceron, Manchester terrier dan greyhound.

Masalah Kesehatan:
Anjing Doberman Pinscher rawan terhadap cervical spondylitis akibat fusi tulang belakang leher dan kompresi tulang belakang, gangguan darah karena keturunan, kegemukan pada usia pertengahan. Selain itu, rentan juga dengan masalah kulit, hip dysplasia dan cacat jantung bawaan.

Latihan Fisik:
Anjing Doberman Pinscher sangat energik dengan stamina tinggi. Mereka perlu dibawa jalan kaki jauh atau jogging setiap hari dan harus dipastikan bahwa mereka berada disamping atau belakang pemiliknya sebagai leader, karena dalam pikiran anjing bahwa leader yang memimpin jalan dan leader tersebut harus manusia.

Perawatan anjing:
Anjing Doberman Pinscher hanya perlu sedikit perawatan dan kerontokan bulunya sedang.


Responses

0 Respones to "Mengenal Anjing Doberman Pinscher"

Posting Komentar

 

Mengenai Saya

Foto saya

Seseorang yang telah lebih dahulu belajar dan mengamati kehidupan dan ingin berbagi kepada orang lain. Bukan berarti saya lebih pintar, hanya ingin berbagi pengalaman.

Satwa

Perlu Ditengok

Return to top of page Copyright © 2013 | Serba Serbi Converted into Blogger Template not original by yobimel