Mengenal Anjing Bulldog




Anjing English Bulldog, salah satu anjing ras tertua di dunia yang berasal dari Inggris, maka sering dikenal sebagai English Bulldog. Mula - mula anjing ini dipelihara sebagai anjing adu/petarung dengan sapi liar/banteng, sehingga Bulldog merupakan anjing yang agresif dan tangguh.

Sekitar tahun 1835, pertarungan anjing dilarang oleh Undang-undang di Inggris, sehingga Bulldog dipelihara dan dibiakkan untuk maksud yang berbeda, yakni anjing sahabat (Companion Dog). Secara bertahap Bulldog dibiakkan menjadi anjing sahabat manusia yang baik, termasuk dengan anak-anak. Anatomi juga mengalami perubahan dari anjing yang cukup tinggi menjadi anjing yang pendek dan lucu serta berhidung pesek.



Saat ini Bulldog dikenal sebagai anjing sahabat yang baik , tidak agresif walaupun tampangnya menyeramkan.Bulldog cocok dipelihara didalam rumah sebagai anjing keluarga yg setia dan baik.

Namun simbol sebagai anjing yang tangguh dan berani tetap melekat pada Bulldog. Bulldog banyak digunakan sebagai lambang keberanian dan ketangguhan di militer maupun anjing nasional kebanggaan Inggris.

Keunikan anjing Bulldog dapat dilihat dari segi postur tubuhnya, anjing ini memiliki ukuran tubuh yang sedang. Tubuhnya kekar dan berisi. Dadanya lebar dengan moncong yang pendek. Kaki bulldong relatif pendek, akan tetapi terlihat kekar. Memiliki ekor pendek yang biasanya mengarah kebawah. Berat badan bulldog antara 30-40 kg. bulldog memiliki bulu yang halus dan pendek dengan warna kombinasi. Warna hitam yang berlebihan pada bulldog tidak begitu diminati orang. Mereka lebih suka dengan kombinasi coklat, fawn, brindle dan putih.

Anjing bulldog sangat sulit berkembang biak secara normal. Untuk membuahinya dibutuhkan inseminasi buatan dari dokter. Hal ini disebabkan anatomi tubuh dari bulldog. Sangat jarang bulldog melahirkan secara normal. Biasanya dilakukan dengan operasi Caesar.


SEKILAS STANDAR BULLDOG YANG BAIK

1. Ukuran
Bulldog yang baik adalah medium size (ukuran sedang) , body compact (padat dan kekar), moncong lebar dan pendek, dada lebar, kaki kekar.Secara umum menampilkan kekuatan dan kegagahan dan keseimbangan (balance) antara ukuran kepala, badan dan kaki adalah hal yang penting.

2. Berat badan
Jantan kurang lebih 30 kg dan betina kurang lebih 25 kg.

3. Kepala
Batok kepala (skull) rata (flat) dan lebar. Telinga berbentuk seperti bunga mawar (rose ear) yakni melipat ke dalam (inward) tetapi terbuka, tidak menutup (jatuh) atau berdiri (erect). Moncong lebar dan pendek, rahang bawah lebar dan lebih maju dibanding rahang atas (undershot) tetapi menekuk keatas (turn up) sehingga 2 taring bawah tidak kelihatan waktu mulut tertutup. Hidung hitam dan lubangnya besar. Mata agak lonjong dan berwarna gelap.

4. Leher, Top line (punggung) dan badan (body)
Leher, pendek dan tebal / kekar. Top line (punggung) agak menungging di belakang (pinggul lebih tinggi dari bagian punggung tengah). Hal ini dikarenakan kaki belakang lebih tinggi dibanding kaki depan. Body (badan), padat, kekar dan lebar dibagian depan kemudian mengecil dibagian perut dan melebar sedikit dipinggul. Body dilihat dari atas seperti buah pear (pear shape body). Dada lebar, lebih lebar dibanding pinggul. Ekor pendek dan mengarah kebawah, lurus yang paling baik, melingkar-lingkar boleh tetapi kurang baik.

5. Kaki depan
Kekar, relatif pendek dan membentang lebar (sesuai dengan lebar dada), agak mengarah keluar (outward), lurus kebawah, tidak bengkok tulangnya.

6. Kaki belakang
Kekar, lebih panjang dari kaki depan. Terbentang lebih sempit dibanding kaki depan (sesuai dengan pinggul). Ada sedikit tekukkan di ruas kaki (hock) antara kaki bagian atas dan kaki bagian bawah. Ruas kaki bagian bawah lebih pendek dari bagian atas.

7.Bulu dan warna
Bulu lurus dan pendek. Warna bermacam-macam : Brindle, putih, fawn, coklat dan kombinasi warna tersebut dengan putih. Warna hitam (polos) dalam jumlah besar sangat tidak disukai, walaupun sangat jarang.

8. Gait (Jalan/gerakan)
Jalannya (kaki belakang) mengayun kedepan samping (side wise motion) tetapi harus lancar. Kaki depan mengayun lurus ke depan.

9. Temperamen
Berani tetapi tidak agresif.,cocok sekali sebagai anjing keluarga yg dipelihara didalam rumah.



Responses

3 Respones to "Mengenal Anjing Bulldog"

yoga rinanda mengatakan...

keren sob postingannya :)


16 Agustus 2015 19.59

Posting Komentar

 

Mengenai Saya

Foto saya

Seseorang yang telah lebih dahulu belajar dan mengamati kehidupan dan ingin berbagi kepada orang lain. Bukan berarti saya lebih pintar, hanya ingin berbagi pengalaman.

Satwa

Perlu Ditengok

Return to top of page Copyright © 2013 | Serba Serbi Converted into Blogger Template not original by yobimel