Teknik Mancing Garong untuk "Nggarong" Ikan



Empat teknik sudah diulas di dua tulisan sebelumnya. Namun teknik memancing bukan hanya itu saja. Ada teknik memancing yang tidak kalah serunya untuk kita coba atau kita lakukan yaitu teknik Popping atau Jigging dan, Memancing dengan Layang-layang serta Garong.

Sebutan Popping ini karena efek dari popper yang ditarik sehingga menimbulkan bunyi pop…, pop…, pop. Popping adalah teknik mancing menggunakan umpan popper. Popper adalah umpan buatan yang bahan dasarnya dari kayu.

Cara memancingnya dengan teknik kasting yaitu melempar umpan popper kemudian menariknya. Bentuk popper sendiri menyerupai umpan trolling misalnya konahead. Kalau kita perhatikan bentuk popper itu seperti umpan trolling namun kalau popper kegunaannya untuk mancing kasting.

Teknik ini banyak digunakan di daerah Bali, dan banyak dilakukan oleh orang asing, seperti Jepang dan Korea. Namun, tak ada salahnya kalau kita mencobanya di Kep. Seribu. Keduanya hampir sama caranya, adalah dengan mengayunkan umpan tiruan, maupun menggulung reel dengan cepat, kemudian berhenti dan menggulungnya lagi. Kesemuanya bertujuan agar umpan tiruan tersebut mirip ikan umpan alami, sehingga ikan mau menyambar.

Mancing dengan Layang-Layang biasanya sering dijumpai di pinggiran Kepulauan Seribu. Nelayan memancing dengan menggunakan layan-layang. Target ikannya adalah cendro. Bagaimana caranya ? Sepertinya ikan cendro ditangkap dengan tali laso, tanpa menggunakan pancing.

Teknik terakhir adalah "Mancing GARONG". Disebut demikian karena memang NGGARONG ikan. Jadi pancing tidak selalu berada di mulut ikan, tetapi terkadang ada di pipi, di pundak, perut, buntut dsb. Dan pancingnya pun disebut pancing GARONG, yang terdiri dari 6 rangkaian mata pancing, yang berbentuk matahari, menggunakan joran TEGEK, sepanjang 4-6meter.

Target ikan adalah keluarga RABBIT FISH, seperti Baronang, Botana, dan terkadang juga ikan Kakak Tua. Tehnik ini terakhir ini sangat unik, eksentrik, sulit dan murah.



Responses

0 Respones to "Teknik Mancing Garong untuk "Nggarong" Ikan"

Posting Komentar

 

Satwa

Perlu Ditengok

Return to top of page Copyright © 2013 | Serba Serbi Converted into Blogger Template not original by yobimel