Mengenal Anjing Rough Collie




Anjing Rough Collie atau dikenal sebagai anjing Lassie merupakan anjing penjaga yang baik dan menurut pada majikannya. Nama collie diambil dari domba wajah hitam yang disebut coalie (arang). Ada 2 jenis anjing collie yaitu Rough Collie dan Smooth Collie, namun ada pula campuran keduanya yaitu mix collie yang berbulu panjang dan memiliki badan yang lebih pendek. Rata-rata berat anjing collie bekisar antara 10 - 25 kg, dan termasuk anjing yang memiliki tubuh sedang.

Di samping digunakan untuk anjing penjaga, ternyata anjing ini juga sering digunakan untuk show dalam acara fashion dan diajak berjalan-jalan di atas panggung. Anjing jenis collie ini tergolong anjing cerdas dan mudah untuk dilatih dalam melakukan banyak hal. Sehingga tidak salah bila jenis anjing ini dijadikan sebagai anjing keluarga.



Kelemahan jenis anjing ini adalah sangat sensitif terhadap beberapa obat, seperti Ivermectin, serta beberapa antibiotik, opioid dan steroid. Sehingga perlu kehati-hatian dalam menerapkan jenis obat untuk anjing collie. Memang tidak semua anjing collie seperti itu, namun persentase hypersensitif terhadap jenis obat pada anjing collie sangat besar. Hal ini dipengaruhi masalah cacat gen yang ditengarai oleh para ahli pada MDR1. Efek nyata pada pemberian ivermectine pada ras collie dapat menimbulkan shok-anafilaksis bahkan bisa menjurus kematian pada anjing tersebut. Anjing ini lain dari jenis anjing lainnya dalam hal gen P-glikoprotein sehingga pemberian sedikit saja ivermectine dapat menyebabkan masalah baginya.



Responses

0 Respones to "Mengenal Anjing Rough Collie"

Posting Komentar

 

Satwa

Perlu Ditengok

Return to top of page Copyright © 2013 | Serba Serbi Converted into Blogger Template not original by yobimel