Kiat Memancing dari Daratan atau "Inshore"



http://www.fishnet.com.au/content/fishnet/images/gallery/804a1cdf-910a-44f9-a162-6d60215b41c3_original.jpgMemancing di laut terbagi dalam dua kategori yaitu MEMANCING DARI DARATAN (Inshore) dan MEMANCING DI TENGAH LAUT (Offshore). Sebelum membahas teknik atau kiat memancing yang dipakai untuk memancing di tengah laut (offshore) alangkah baiknya kita membahas memancing dari daratan. Kalau kita tengah berlibur di Kepulauan Seribu, memancing di daratan ini banyak dilakukan oleh wisatawan.


Memancing di daratang atau inshore ini terbagi dalam berbagai kegiatan yakni : "Surfishing" atau memancing dari pinggir pantai, "Pierfishing" atau memancing di dermaga dan "Rockfishing" atau memancing dari atas batu karang.


Nah, ini dia penjelasannya :
1. SURFISHING (Memancing dari pantai): Biasanya dilakukan di pinggir pantai berpasir, dan piranti SPINNING adalah yang umum dipakai disini. Bisa juga menggunakan jenis piranti yang lainnya, bergantung pada jenis ikan yang anda inginkan. Kepiting kecil, cacing laut, udang, irisan ikan, ikan hidup dan juga umpan tiruan dapat digunakan sebagai umpan. Pada lokasi yang potensial, anda mungkin dapat memancing ikan yang cukup besar.


2. PIERFISHING (Memancing dari dermaga): Memancing dari pelabuhan, dermaga kayu atau penahan gelombang. Kebanyakan pemancing dari dermaga melakukannya untuk rekreasi, juga dengan membawa serta keluarga mereka. Tetapi andapun boleh mencobanya, karena bukan tidak mungkin mendapatkan ikan-ikan besar seperti hiu, pari, kakap putih, dll. Piranti yang umum dipakai adalah type SPINNING, karena mudah di gunakan. Umpan yang dipakai sama dengan SURFISHING.


3. ROCKFISHING (Memancing dari batu karang): Dari namanya sangat jelas bahwa kegiatan memancing dilakukan dari lokasi yang berbatu karang. Saya pernah menyaksikan film tentang memancing dari batu karang, dan sebagai target pancingan adalah ikan Marlin. Marlin bukanlah merupakan target yang lazim dalam ROCKFISHING, dan saya belum pernah menyaksikan sebelumnya dan ternyata sangat mendebarkan dan seru. Biasanya pada ROCKFISHING bisa mendapatkan ikan yang lebih besar jika dibandingkan dengan SURFISHING dan PIERFISHING. Baik piranti maupun umpan yang digunakan masih sama seperti SURFISHING dan PIERFISHING, namun kegiatan memancing dilakukan dari pantai yang berkarang terjal dan juga agak sulit dicapai pada beberapa lokasi.

Source: http://www.lintaspulauseribu.com


Responses

0 Respones to "Kiat Memancing dari Daratan atau "Inshore""

Posting Komentar

 

Satwa

Perlu Ditengok

Return to top of page Copyright © 2013 | Serba Serbi Converted into Blogger Template not original by yobimel